on

Pertarungan Nissan All New Grand Livina vs. Honda Mobilio

Pertarungan Nissan All New Grand Livina vs. Honda Mobilio memasuki babak baru di level yang lebih tinggi setelah tipe tertinggi masing-masing merek tersebut dirilis hanya berselang satu hari. Sebelumnya Honda Mobilio RS secara resmi diumumkan oleh PT. HPM. Lantas sehari setelahnya PT NMI ganti mengumumkan Nissan All New Grand Livina HWS Autech.

Nissan All New Grand Livina sebagai salah satu pelopor Low MPV di Indonesia rupa-rupanya makin terusik dengan sikap para kompetitor yang makin agresif. Posisi Grand Livina sudah cukup terusik dengan kehadiran Suzuki Ertiga dan hanya berselang beberapa tahun kemudian muncul Honda Mobilio. Terang saja PT Nissan Motor Indonesia merasa gerah hingga perlu membuat gebrakan.

Memang kehadiran Nissan All New Grand Livina HWS Autech sendiri tak bisa dibilang gebrakan karena basisnya masih sama persis dengan Nissan All New Grand Livina yang sudah ada sebelumnya. Namun diakui atau tidak rasanya cukup wajar untuk menduga bahwa pihak Nissan sudah mulai ancang-ancang semenjak tersiar kabar bahwa Honda Mobilio Prestige bukanlah tipe tertinggi dari Mobilio dan Honda masih menyimpan satu tipe lagi diatas Prestige.

Nissan All New Grand Livina vs. Honda Mobilio

Saat itu nama Honda Mobilio RS sendiri tentunya belum mulai diperkenalkan, namun berbagai kabar yang beredar dan tentu juga informasi dari intelejen pasar perusahaan sudah cukup untuk dijadikan dasar bagi PT. NMI mempersiapkan serangan balik yang kemudian terwujud lewat tipe HWS Autech ini.

Pada peluncuran Nissan All New Grand Livina HWS Autech beberapa waktu lalu GM Marketing Strategy and Communication Division NMI menyebutkan:

“Hadirnya Nissan New Grand Livina Highway Star Autech memperkokoh posisi kami di segmen medium MPV tujuh penumpang. Mobil ini menawarkan semua yang Anda butuhkan mulai dari fungsionalitas dalam kenyamanan MPV rasa sedan hingga tampilan yang stylish

Lebih lanjut Yoshiya Horigome, Vice President Director NMI mempertegas pernyataan tersebut dengan mengatakan:

“Merek Nissan memiliki reputasi sebagai merek yang menghadirkan rangkaian MPV yang kompetitif untuk menjawab berbagai kebutuhan pelanggan. Grand Livina adalah backbone bagi NMI yang terus tumbuh pesat meski kondisi persaingan di segmen MPV semakin ketat,”

Memang tak ada perbedaan signifikan antara Nissan All New Grand Livina HWS Autech dengan tipe HWS standar lebih-lebih ketika bicara spesifikasi teknis. Namun di sini baik Nissan maupun Honda tampaknya lebih menekankan pada persepsi non teknis ketimbang persepsi teknis.

Bagian eksterior Nissan All New Grand Livina HWS Autech tampak modern sekaligus mewah dengan desain grille baru berikut bumper moulding-nya. Pada bagian buritan juga kini dipasang kamera mundur.
Sementara itu di bagian interior Nissan All New Grand Livina HWS Autech tampak makin mewah berkat lapisan kulit di lingkar kemudi maupun jok serta beberapa tambahan aksesoris lainnya.

Harga Nissan All New Grand Livina HWS Autech saat sendiri saat dirilis dipatok Rp 242,4 juta (OTR).

Pada pihak lain PT HPM yang diwakili oleh Tomoki Uchida selaku Presiden Direktur HPM menyebut:

“Honda Mobilo RS hadir untuk memenuhi keinginan konsumen yang mendambakan MPV mewah, mempunyai fitur canggih serta tampilannya yang lebih modern,”

Honda Mobilio RS memang sengaja dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen tanah air yang selalu menginginkan kendaraan nyaman namun memiliki kualitas yang baik serta dengan banderol kompetitif. Untuk itulah sejak pertama kali Honda Mobilio dipasarkan di Indonesia pihak PHM terus membuat terobosan baru unutk menciptakan dan juga mengembangkan Honda Mobilio tersebut. Dan kini akhirnya terciptalah tipe RS yang diharapkan mampu memenuhi keinginan para pelanggannya.

Nissan All New Grand Livina vs. Honda Mobilio

Interior Honda Mobilio RS memang tak tampak semewah All New Grand Livina HWS Autech, namun jika dibandingkan tipe di bawahnya tentu tampak sudah banyak kemajuan. Warna gelap pada kabin mampu menutupi kualitas dashboard Honda Mobilio yang selama ini banyak dikeluhkan.

Pada saat peluncuran tersebut harga Honda Mobilio RS dibanderol Rp 203,5 juta untuk tipe manual dan Rp 214 juta untuk tipe matic.
Sedangkan untuk spesifikasi teknis Honda Mobilio RS pihak pabrikan masih melakukan pendekatan yang sama dengan Nissan dimana tidak ada perbedaan sama sekali dengan tipe lain.

Siapa yang lebih baik antara Nissan All New Grand Livina HWS Autech vs. Honda Mobilio RS kembali pada selera, kebutuhan dan preferensi konsumen. Nasib keduanya di pasar juga akan ditentukan oleh konsumen. Hanya saja di luar teknis produk bagaimanapun Honda Mobilio RS memiliki beberapa keunggulan alamia atas Nissan All New Grand Livina seperti nama besar Honda serta jaringan bengkel Honda yang lebih tersebar dibanding Nissan.

Was posted by 22.41 , under MPV and permalink https://koonymarajameelah.blogspot.com/2014/10/nissan-grand-livina-vs-honda-mobilio.html .