on

Harga Mobil Tata Aria dan Spesifikasi Terbaru

Harga mobil Tata Aria di Indonesia dibanderol relatif murah. Mobil crossover asal India ini bahkan baru saja mendapat facelift untuk membuatnya tetap kompetitif di pasaran. Apa saja keunggulan Tata Aria terbaru dan seperti apa spesifikasinya?

Tata Aria pertama kali muncul pada tahun 2010 dan memosisikan dirinya sebagai sebuah mobil MUV. Pada dasarnya mobil ini hendak menyediakan kenyamanan dan akomodasi setara dengan sebuah MPV namun dengan kemampuan jelajah layaknya SUV. Konsepnya tampak ideal baik untuk dijual di negeri asalnya maupun negara-negara dengan karakter serupa seperti Indonesia. Namun ternyata ada kesalahan fatal dari pihak pabrikan yang menghambat kesuksesan Tata Aria.

Dibanderol dengan harga yang sama dengan Toyota Innova merupakan sebuah blunder. Sebab bagaimanapun di medium MPV Toyota Innova bukan sekedar benchmark namun sekaligus sudah menjadi ikon dan legenda hidup. Menempatkan diri berhadapan dengan rival yang sudah memiliki reputasi demikian pada dasarnya merupakan upaya bunuh diri.

Harga Mobil Tata Aria


Beberapa tahun kemudian barulah pihak pabrikan menyadari kesalahannya tersebut dan berusaha melakukan product respositioning untuk mobil Tata Aria. Bukan hanya dari segi pemasaran namun juga dari segi teknis tentunya. Beberapa diantaranya adalah dengan melakukan facelift Tata Aria serta melahirkan varian 4x4.

Dengan product repositioning tanpa banyak mengubah strategi penetapan harga tampak sekali bahwa meski tidak ingin berhadapan head to head dengan Innova namun pabrikan asal India ini masih tetap berambisi menggerogoti pasar sang legenda MPV di Asia Tenggara itu.

Facelift-nya sendiri memang tak seberapa, desain eksteriornya masih identik dengan pendahulunya kecuali sepasang headlamps yang kini dibuat lebih gelap (smoked), tambahan decal di bagian samping serta taillights yang kini menggunakan mika berwarna bening.

Keunggulan Tata Aria

Spesifikasi Tata Aria

Perubahan utama pada Tata Aria justru terletak di sektor dapur pacu. Jika memperhatikan spesifikasi Tata Aria tampak bahwa mesin Diesel berkapasitas 2.2 liter nya kini mampu memuntahkan daya maksimum 150.1 PS yang berarti besar 10 PS dibanding sebelumnya. Jika kelemahan Tata Aria selama ini adalah minimnya refinement maka masalah tersebut kini sudah teratasi. Kala mesin dinyalakan vibrasi serta suaranya tidak lagi menganggu kenyamanan kabin. Saat pedal gas mulai diinjak dan mobil mulai berjalan vibrasi serta suaranya masih tetap terjaga.

Kelemahan Tata Aria lawas yang sering dikeluhkan pula adalah keharusan pengemudi untuk sibuk memainkan tuas transmisi demi menjaga mesin tetap responsif dengan menjaga putaran rpm, lagi-lagi hal ini pun sudah diatasi tuntas dengan memberikan torsi puncak yang bisa didapat pada putaran 1500 rpm.

Namun dibalik keunggulan Tata Aria sebagai hasil penyempurnaan versi sebelumnya itu masih tetap ada beberapa kekurangan terutama di sektor transmisi. Meski rasionya dibuat lebih rapat namun saat perpindahan antar gigi masih terasa ada tenaga yang hilang.

Sementara untuk kualitas riding serta handling masih sama persis dengan sebelumnya, tentu ini merupakan kabar baik karena selama ini Tata Aria terkenal pas dikendarai di kondisi jalanan yang kurang baik sebagaimana umumnya kondisi jalanan di Indonesia maupun di negeri asalnya India.

Mengingat dimesinya, maka wajar jika gejala limbung saat berbelok dengan kecepatan tinggi tetap terasa. Hanya saja berkat bobot 2.8 ton stabilitasnya relatif masih terjaga.

Soal fitur keselamatan pada tipe termahalnya yaitu Tata Aria 4x4 Pride sudah dilengkapi dengan enam airbag, kontrol traksi, kontrol stabilitas berikut ABS dan ABD. Sementara audionya sendiri sudah menggunakan audio kelas atas hasil besutan Harman Kardon.

Interior Tata Aria

Melihat spesifikasi Tata Aria dan perubahan yang diusung jelas bahwa meski dari luar tak tampak banyak berbeda dengan versi sebelumnya namun para desainer dan insinyur Tata sudah bekerja keras untuk menjadikan mobil Tata Aria sanggup bersaing dengan MPV lain di kelasnya.

Terlepas dari kekurangannya Tata Aria membuktikan sebagai penantang paling serius untuk Toyota Innova bersama Nissan All New Grand Livina HWS Autech. Mungkin dianggap muluk bagi sebagian orang, namun toh faktanya tak satupun dari MPV lain seperti Honda Mobilio RS, Suzuki Ertiga Elegant atau Chevrolet Spin Activ yang layak dianggap sebagai ancaman serius bagi Toyota Innova sebagaimana dilakukan oleh tipe termahal Tata Aria dan Nissan Grand Livina.

Di Indonesia sendiri MUV asal India ini hanya tersedia dalam satu tipe dan masih merupakan generasi sebelumnya. Harga mobil Tata Aria di Indonesia dibanderol Rp 268,3 juta (OTR).

Was posted by 00.00 , under SUV , Tata and permalink http://koonymarajameelah.blogspot.com/2014/10/harga-mobil-tata-aria-dan-spesifikasi.html .