on

Apa Kabar Nissan Evalia di Indonesia?

Nissan Evalia yang dirilis oleh Nissan beberapa tahun silam untuk bertarung di kelas MPV sempat mendapat facelift beberapa waktu lalu. Namun seiring berkembangnya segmen Low MPV yang diisi oleh Suzuki Ertiga, Honda Mobilio dan bahkan kakaknya sendiri yaitu Nissan Grand Livina popularitas Nissan Evalia di Indonesia pun mulai surut. Walau demikian sama halnya dengan Daihatsu Luxio, Nissan Evalia tetap memiliki segmennya sendiri.

Fenomena perubahan preferensi konsumen yang meninggalkan mobil niaga sebagai kendaraan keluarga ke MPV murni sendiri memang diakui oleh pihak Nissan. Namun pada saat yang sama perwakilan pabrikan tersebut menampik jika pergeserannya signifikan.


Seperti yang sudah disinggung bahwa Nissan Evalia dan kompetitornya Daihatsu Luxio tetap memiliki segmennya sendiri. Mereka yang beralih ke Low MPV tulen seperti Suzuki Ertiga, Honda Mobilio atau Nissan Grand Livina adalah mereka yang memang memfungsikan mobilnya sebagai kendaraan keluarga. Bagi segmen ini kenyamanan adalah poin utama.


Pada sisi lain segmen yang melirik Nissan Evalia atau Daihatsu Luxio adalah mereka membutuhkan mobil dengan fungsi ganda. Pada satu sisi adalah mobil keluarga namun pada sisi lain sebagai penunjang usaha (niaga). Meski demikian jika dibandingkan mobil niaga murni seperti Daihatsu Grand Max atau Suzuki Realvan kenyamanan Nissan Evalia dan Daihatsu Luxio tetap lebih baik.



Dengan kata lain pangsa pasar Nissan Evalia di Indonesia adalah pengusaha sektor UMKM yang sekaligus memfungsikan mobilnya sebagai kendaraan keluarga. Melihat karakteristik konsumen di Indonesia tampaknya dalam beberapa tahun ke depan mobil-mobil semi niaga seperti Nissan Evalia dan Daihatsu Luxio masih mampu mempertahankan pangsa pasarnya saat ini.

Karenanya cukup masuk akal jika PT. Nissan Motor Indonesia tidak merasa bahwa Nissan New Grand Livina bakal mengkanibal pangsa pasar Nissan Evalia.

Was posted by 21.40 , under MPV , Nissan and permalink http://koonymarajameelah.blogspot.com/2014/10/nissan-evalia-indonesia.html .