on

Intip Sosok VW Scirocco GTS di Indonesia

VW Scirocco GTS yang saat ini beredar di Indonesia memiliki platform yang sama denganVW Golf Mk6. Namun dari sisi eskterior maupun interior keduanya tidak memiliki banyak persamaan. VW Scirocco GTS Limited Edition yang dirilis pada peringatan hari jadi ke 40 Scirocco tersebut justru memiliki banyak kemiripan dengan Scirocco R.

Terhitung sejak tahun 1974 VW Scirocco sudah menjadi salah satu hot hatchback yang populer hampir di seluruh dunia. Karena itu ketika pada tahun 1992 pihak Volkswagen memutuskan untuk menghentikan produksi Scirocco reaksi kekecewaan pun muncul. Akhirnya pada pertengahan tahun 2008 pihak pabrikan kembali memproduksi mobil ini meski dengan penuh kehati-hatian lebih-lebih dalam hal desain.

VW Scirocco GTS yang ditampilkan pertama kali pada gelaran Leizif Motor Show itu hadir dengan stripping kombinasi kelir hitam dan merah yang membedakannya dengan versi standar. Pada bagian detil seperti handle pintu dan spion juga turut mendapat sentuhan.

VW Scirocco GTS


Pada satu sisi langkah pihak pabrikan memberikan stripping pada VW Scirocco GTS mungkin merupakan keinginan sebagian calon konsumen sekaligus menjadi ciri khas edisi perayaan hari jadi kali ini. Namun harus diakui bahwa sama halnya dengan Honda Brio Sports yang menggunakan stripping, tidak semua orang mengapresiasinya. Selain itu desain velgnya juga tidak mencirikan desain khas VW, malahan lebih mirip produk after market. Namun sekali lagi semua hanya masalah selera.

VW Scirocco GTS Indonesia

Pada bagian interior VW Scirocco GTS detil jahitan dengan benang merah yang memberi aksen pada kelir hitam memberi kesan sporti dan mewah pada saat bersamaan. Dan logo GTS pada sandaran jok makin mempertegas perbedaan dengan VW Scirocco R.

Interior VW Scirocco GTS

Meski demikian jangan berharap nuansa sporti pada panel instrumen sebagaimana diketemukan pada VW Scirocco R. Sebab tidak seperti desain eksteriornya yang ekstrem, interior VW Scirocco GTS cenderung lebih konvensional.

Perhatian detil kembali ditunjukkan oleh pihak pabrikan antara lain knob tuas transmisi berbentuk bola golf, desain karpet yang unik serta sentuhan aksen merah pada sabuk pengaman. Selain itu meski bertampang sporti namun kabinnya mampu mengkomodir empat orang dewasa dengan layak.

Harga VW Scirocco GTS

Spesifikasi VW Scirocco GTS

Di bagian dapur pacu VW Scirocco GTS masih mengandalkan mesin yang sama berkapasitas 1.4 liter dengan daya maksimum 160 dk dan torsi 240 Nm. Sedangkan untuk transmisi tersedia transmisi manual enam kecepatan dan transmisi DSG enam kecepatan.
Kombinasi mesin 1.4 liter dengan transmisi DSG terasa pas dikemudikan di dalam kota yang cenderung padat.

Kelemahan VW Scirocco GTS terletak pada kualitas riding yang terasa keras. Meski adaptive dampers-nya sudah diset ke posisi “Comfort” namun bantingannya masih terasa keras lebih-lebih kala melewati jalanan yang kurang rata. Mungkin kondisinya akan lebih baik jika pihak pabrikan menggunakan sasis MQB ketimbang sasis milik VW Golf MkVI.

VW Scirocco GTS Review Indonesia

Bantingan yang keras serta stiker stripping yang bukan selera banyak orang mungkin adalah beberapa kekurangan yang bisa ditoleransi. Namun yang paling dirasa sebagai kekurangan sesungguhnya adalah strategi penetapan harga pihak pabrikan yang memberi banderol harga VW Scirocco GTS hampir Rp 600 juta.

Was posted by 16.34 , under Hatchback , Volkswagen and permalink http://koonymarajameelah.blogspot.com/2014/10/vw-scirocco-gts-di-indonesia.html .