on

Nissan Evalia Tipe Termahal Dirilis Hari Ini

Nissan Evalia tipe termahal atau New Nissan Evalia Special Edition resmi dirilis hari ini oleh pabrikannya. Tipe termahal dari keluarga Nissan Evalia akan diposisikan di atas tipe XV yang selama ini menjadi tipe termahal. Harga Nissan Evalia XV sendiri di Indonesia saat ini dibanderol Rp 206,5 juta untuk tipe MT dan Rp 217,5 juta untuk tipe AT.

Nissan Evalia di Indonesia memiliki karakteristik yang unik. Entah karena kurangnya informasi atau karena kesuksesan strategi dan taktik pemasaran yang dilakukan banyak masyarakat awam di Indonesia yang mempersepsikan Nissan Evalia lebih mewah dibanding sebenarnya. Pada satu sisi mungkin merupakan keberhasilan namun pada sisi lain tak jarang menjadi blunder karena hanya berdasar persepsi itu saja beberapa calon konsumen tanpa mencari informasi ke dealer langsung memutuskan membeli Daihatsu Luxio ketimbang Nissan Evalia.

Harga Nissan Evalia


Dalam beberapa kali wawancara langsung dengan sopir rental dan bahkan pengusaha UMKM yang notabene kelompok yang disebut belakangan ini adalah target market Evalia, tak sedikit dari mereka yang ditanya kenapa memilih Daihatsu Luxio ketimbang Nissan Evalia alasannya karena harga Nissan Evalia terlalu mahal bagi mereka. Dan harga di sini bukanlah harga aktual, melainkan harga persepsi. Mereka-mereka yang memilih Luxio ketimbang Evalia ini berasumsi bahwa Nissan Evalia adalah MPV mewah sekelas Toyota Alphard. Padahal Nissan Evalia adalah sebuah Low MPV semi-niaga yang bahkan kelasnya saja di bawah Toyota Innova.

Ditilik dari harganya Nissan Evalia tipe termurah (S MT) dibanderol Rp 160,5 juta sementara harga Daihatsu Luxio tipe termurah (D) dibanderol Rp 159,3 juta jadi selisih keduanya hanya terpaut Rp 1,2 juta, itupun belum termasuk diskon dan tawaran bonus lainnya yang bisa didapat ketika konsumen langsung berhubungan dengan pihak dealer. Berikut adalah harga Nissan Evalia dan harga Daihatsu Luxio di Indonesia bulan ini sebagai bahan pembanding:

Harga Daihatsu Luxio

Tipe
Harga
Luxio 1.5 D M/T
Rp. 159.300.000
Luxio 1.5 D M/T Premio
Rp. 154.700.000
Luxio 1.5 M M/T
Rp. 162.100.000
Luxio 1.5 M M/T Elite
Rp. 169.300.000
Luxio 1.5 X M/T
Rp. 177.450.000
Luxio 1.5 X M/T Prestige
Rp. 175.100.000
Luxio 1.5 X A/T
Rp. 188.550.000
Luxio 1.5 X A/T Prestige
Rp. 186.300.000

Harga Nissan Evalia

TYPE
OTR
Evalia S 1.5 M/T
160,500,000
Evalia ST 1.5 M/T
176,000,000
Evalia SV 1.5 M/T
190,500,000
Evalia SV 1.5 A/T 
201,000,000
Evalia XV 1.5 M/T
206,500,000
Evalia XV 1.5 A/T
217,500,000

Pada Nissan Evalia Special Edition yang baru dirilis hari ini di India sendiri ada beberapa perubahan seperti desain grille depan, desain bumper depan serta tambahan foglamp. Sementara itu pada bagian kabin perubahan paling signifikan adalah dudukan model Captain Seats untuk bangku baris kedua. Ventilasi AC kini juga ditambahkan masing-masing secara terpisah untuk bangku baris kedua dan ketiga demi meningkatkan kenyamanan penumpang.

Sedangkan fitur tambahan lain yang menjadikan Nissan Evalia semakin berkelas adalah USB connectivity, rear wiper, rear defogger, anti-glare internal rear view mirror, front row assist grip dan glove box lid.

Pada peluncuran tipe termahal New Nissan Evalia ini pihak Nissan India menyebutkan bahwa berbagai ubahan dan tambahan fitur pada Evalia dimaksudkan agar memperkuat citra mobil ini sebagai mobil keluarga disamping sebagai mobil niaga. Sama halnya dengan Daihatsu Luxio, Nissan Evalia dimaksudkan bagi mereka yang menginginkan sebuah mobil keluarga sekaligus mobil niaga pada saat bersamaan. Untuk versi tertinggi ini beberapa tambahan itu dimaksudkan untuk memperkuat statusnya sebagai mobil keluarga, tentu tanpa mengurangi kemampuannya diposisikan sebagai mobil niaga.

Posisi Nissan Evalia sendiri sebagai mobil keluarga makin tersisihkan setelah hadirnya Low MPV yang lebih secara spesifik menempatkan diri sebagai mobil keluarga tulen. Di antaranya adalah Chevrolet Spin, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan bahkan dari keluarga Nissan sendiri yaitu Nissan All New Grand Livina SV. Meski demikian Nissan sendiri masih yakin bahwa dengan positioning-nya yang unik Evalia masih memiliki potensi besar. Saat ini tidak banyak lagi pabrikan yang merilis mobil semi niaga ini di Indonesia. Selain Nissan Evalia dan Daihatsu Luxio praktis tidak ada kompetitor lain, karenanya selama segmen yang menghendaki mobil semi niaga ini masih ada maka kepercayaan diri pihak pabrikan terhadap masa depan Nissan Evalia tampaknya tidak terlalu berlebihan.

Was posted by 09.55 , under MPV , Nissan and permalink http://koonymarajameelah.blogspot.com/2014/10/nissan-evalia-tipe-termahal.html .